Senin, 03 Oktober 2011

Tugas Resume KSI P2 SYSTEM ELEKTRONIK BISNIS (E-BISNIS)

·         E-Bisnis adalah proses bisnis yang menghubungkan customer, supplier dan penjual menggunakan teknologi informasi yang telah terkomputerisasi dengan cara terhubung pada layanan internet sehinggga mempermudah dan mempercepat berlangsungnya proses bisnis
·         Arsitektur Aplikasi e-Business:
1.Perencanaan Sumber Daya Manusia.
2.Manajemen Hubungan Pelanggan.
3.Mendukung Keputusan.
4.Manajemen Rantai Penyalur.
5.Manajemen Rantai Penjualan.
·         ERP (Enterprice Resource Planning) suatu hal yang diperlukan untuk efisiensi, ketangkasan / kematangan, dan kemampuan bereaksi secara cepat kepada pelanggan dan penyalur, pada umumnya dibutuhkan oleh perusahaan e-business agar berhasil dalam dunia e-commerce.
·         Manfaat ERP:
1.      Kualitas & Efisiensi
2.      Penurunan Biaya
3.      Pendukung Keputusan
4.      Kelincahan Perusahaan
·         Penyebab Kegagalan ERP:
1.      Meremehkan kerumitan perencanaan, pengembangan dan pelatihan.
2.      Tidak melibatkan para karyawan yang terkena dampak perencanaan.
3.      Melakukan terlalu banyak hal dengan cara yang cepat pada proses konversi
4.      Pelatihan yang tidak memadai dalam berbagai tugas baru yang dibutuhkan oleh sistem ERP
5.      Kegagalan melakukan konversi data
6.      Terlalu mempercayai berbagai pernyataan yang diberikan para penjual software ERP
·         CRM adalah Suatu aplikasi e-business lintas fungsi yang mengintegrasikan dan mengotomatisasikan berbagai proses pelayanan terhadap pelanggan.
·         Komponen CRM:
1.      Manajemen Kontak & Rekening
2.      Penjualan
3.      Pemasaran & Pemenuhan Pesanan
4.      Layanan & Dukungan untuk pelanggan
5.      Program Retensi & Loyalitas
·         Manfaat CRM:
1.      Mengizinkan suatu bisnis untuk mengidentifikasi dan mentargetkan pelanggan terbaiknya, yaitu mereka yang paling menguntungkan kepada  bisnis, sehingga mereka dapat dipertahankan sebagai pelanggan dalam jangka panjang untuk jasa yang lebih besar dan menguntungkan.
2.      Memungkinkan Kustomisasi dan personalisasi produk dan jasa secara real-time berdasarkan pada kebutuhan, keinginan pelanggan, kebiasaan membeli, dan gaya hidupnya.
3.      Juga dapat digunakan untuk menelusuri kapan pelanggan menghubungi perusahaan,  dengan mengabaikan titik kontak tersebut.
4.      Memungkinkan perusahaan untuk menyediakan pelayanan kepada pelanggan secara konsisten dan jasa atau layanan yang superior dan memberikan dukungan kepada pelanggan untuk dapat memilih titik kontak yang diinginkannya
·         Penyebab Kegagalan CRM
1.      Kurangnya pemahaman dan persiapan.
2.      Kurangnya partisipasi dari pihak-pihak yang berkepentingan.
3.      Karyawan dan pelanggan tidak siap untuk berbagai proses dan tantangan baru
·         SCM (Supply Chain Management) adalah suatu puncak sasaran strategis untuk kebanyakan perusahaan. Itu adalah suatu kebutuhan mutlak jika mereka ingin memenuhi kebutuhan dari pelanggan e- commerce mereka : apa yang diinginkan pelanggan,kapan dan dimana keinginan itu, dengan biaya serendah mungkin.
·         Manfaat dan Tantangan SCM:
1.      Pemrosesan yang lebih cepat dan akurat
2.      Pengurangan tingkat persediaan
3.      Waktu yang lebih cepat mencapai pasar
4.      Biaya transaksi dan bahan baku yang lebih rendah
5.      Hubungan strategis dengan pemasok
·         Penyebab Kegagalan SCM:
1.      Kurangnya pengetahuan perencanaan permintaan
2.      Perkiraan yang tidak akurat atau terlalu optimis baik itu data produksi, persediaan dan data bisnis lainnya
3.      Kurangnya kerjasama yang memadai diantara departemen pemasaran, produksi serta manajemen persediaan dalam perusahaan dengan para pemasok, ditributor serta pihak lainnya.
·         EAI (Enterprise Application Integration) adalah suatu aplikasi e-bisnis lintas fungsi yang mengintegrasikan aplikasi front-office seperti manajemen hubungan pelanggan dengan aplikasi back-office seperti manajemen sumber daya perusahaan.
·         Sistem Pemroses Transaksi (TPS) adalah Sistim Informasi yang mengolah data dari peristiwa transaksi dalam bisnis. Transaksi adalah peristiwa yang terjadi sebagai bagian dari kegiatan bisnis
·          
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar