Senin, 10 Oktober 2011

Kelas P2 Tugas Resume KSI e- Commers


E-COMMERS
e-commers adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer  lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Kerangka e-commers
  • Aplikasi e- commers
    • Orang
    • Kebijakan public
    • Standart teknis
    • Organisasi
MANAJEMEN
  • B2B (Bissines to bussines)
Aplikasi e-commers B2B melibatkan katalog elektronik, pertukaran dan pasar leleng yang menggunakan website internet,internet dan extranet serta pintu gerbang (portal) untuk mempersatukan para pembeli dan para penjual. Menggambarkan transaksi perdagangan antara perusahaan, seperti antara produsen dan grosir, atau antara grosir dan pengecer.
  • B2C (Business to Consumer)
Elektronik commers model bisnis di mana konsumen (individu) menawarkan produk dan layanan untuk perusahaan dan perusahaan membayar mereka. Bisnis ini merupakan bisnis yang secara khusus menjual produk dan jasa  ke konsumen pada website e-commers , menyediakan halaman website yang menarik, katalog multimedia, menerima dan memproses pesanan secara interaktif, menjamin keamanan system pembayaran secara elektronik dan memberikan layanan dukungan kepada pelanggan secara on-line.
Contoh: amazon.com
  • C2C (Consumer to Consumer)
Sebuah jenis model bisnis yang memfasilitasi interaksi antara pelanggan. Pelanggan untuk bisnis pelanggan menyediakan individu dengan tempat untuk berkomunikasi, pertukaran dan berinteraksi dengan orang lain. Pada bisnis ini hanya di ruang lingkup konsumen ke konsumen bersifat khusus  karena transaksi yang dilakukan hanya antara konsumen saja, seperti lelang barang.
Contoh: e-bay, Kaskus

Faktor Keberhasilan E-Commerce
  1. Pemilihan dan Nilai: Produk terpilih dan menarik,harga bersaing, jaminan kepuasan dan layanan pelanggan setelah penjualan
  2. Penampilan dan rasa : Tampilan web yang menarik, website yang menampilkan area berbelanja, adanya katalog multimedia produk, dan adanya petunjuk berbelanja
  3. klan dan Peransang : adanya iklan dengan target tertentu dan e-mail promosi, potongan harga dan pesanan khusus, iklan pada halaman web terkait
  4. .Perhatian Pribadi :Halaman website pribadi, rekomendasi tentang produk yang diselaraskan dengan kebutuhan pribadi, iklan melalui web dan pesan melalui e-mail, dan dukungan interaktif untuk semua pelanggan
  5. .Hubungan Masyarakat : masyarakat pelanggan (maya) perusahaan, para penyalur, wakil perusahaan, dan orang lain melalui newsgroup, ruang bercakap-cakap, dan kaitan ke website terkait lainnya
  6. Keamanan dan Keandalan : Keamanan tentang informasi dan transaksinya melalui website, nformasi produk yang terpecaya, dan pemenuhan pesanan dapat dipercaya.
Manfaat e-commers bagi  organisasi
Electronic commerce memperluas marketplace hingga ke pasar nasional dan Internasional. Dengan capital uotplay yang minim, sebuah perusahaan dapat secara mudah menemukan lebih banyak pelanggan, suplier yang lebih baik, dan partner bisnis yang paling cocok dari seluruh dunia.
  • Electronic commerce menurunkan biaya pembuatan, pemrosesan, pendistribusian, penyimpanan dan pencarian informasi yang menggunakan kertas.
  • Electronic commerce memungkinkan pengurangan inventory dan overhead dengan menyederhanakan supply chain management tipe “pull”.
  • Electronic commerce mengurangi waktu antara outlay modal dan penerimaan produk dan jasa.
  • Electronic commerce mendukung upaya-upaya business process reegineering. Dengan mengubah prosesnya, maka produktivitas salespeople, pegawai yang berpengetahuan, dan administrator bisa meningkat 100 % atau lebih.
  • Electronic commerce memperkecil biaya telekomunikasi-Internet lebih murah dibanding VAN.
  • Keuntungan lain meliputi, layanan konsumen dan cinta perusahaan menjadi lebih baik, menemukan partner bisnis baru, proses menjadi sederhana, waktu bisa dipadatkan, produktivitas meningkat, kertas bisa dihindari, akses informasi menjadi cepat, biaya transportasi berkurang, dan fleksibilitas bertambah.
Manfaat e-commers bagi konsumen
  • Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja  atau  melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun   dari  hampir setiap lokasi.
  • Electronic commerce meemberikan lebih banyak pilihan kepada  pelanggan; mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
  •  Electronic commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak  mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan  melakukan perbandingan secara cepat.
  • Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk-produk yang digitized, EC menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.
  • Pelanggan bisa menerima informasi relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggi.
  •  Electronic commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan  maya (virtual auction).
  • Electronic commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk  berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan  bertukar pikiran serta berbagai pengalaman.
  • Electronic commerce memudahkan persaingan, yang pada akhirnya   akan menghasilkan diskon secara substansial.
Manfaat e-commers bagi  masyarakat
  • Elctronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga lebih rendah, sehingga orang yang kurang mampu bisa  membeli lebih banyak dan meningkatkan taraf hidup mereka.
  • Electronic commerce memungkinkan orang di negara-negara Dunia ketiga dan wilayah pedesan untuk menikmati aneka produk dan jasa  yang akan susah mereka dapatkan tanpa EC. Ini juga termasuk peluang untuk belajar berprofesi serta mendapatkan gelar akademik.
  • Electronic commerce memungkinkan orang untuk bekerja di dalam  rumah dan tidak banyak keluar untuk berbelanja, akibatnya ini akan  menurunkan arus kepadatan lalu lintas di jalan serta mengurangi polusi  udara.
Keterbatasan teknik e-commers
  • sistem keamanan, kehandalan, standar,  dan beberapa   protokol komunikasi
  • Ada bandwidth telekomunikasi yang tidak mencukupi .
  • Alat pengembangan perangkat lunak masih dalam tahap  perkembangan dan sedang berubah dengan cepat
  • Sulit menyatukan perangkat lunak Internet dan EC dengan aplikasi dan database yang ada sekarang ini .
  • Vendor-vendor kemungkinan perlu server web yang khusus serta infrastruktur lainnya, selain server jaringan
  • Beberapa perangkat lunak EC mungkin tidak akan cocok bagi hardware tertentu, atau tidak bisa dipasang bersama  dengan beberapa sistem pengoperasian atau komponen-komponen lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar