Bersaing Menggunakan Teknologi Informasi
- · Sistem informasi Strategi membantu perusahaan mempermudah mencapai tujuan perusahaan dan dapat mengurangi kelemahan bersaing.
- · Lingkungan Persaingan:
1. Ancaman Pendatang Baru
2. Persaingan Antar Perusahaan
3. Daya Tawar para Penyalur
4. Daya Tawar Pelanggan
5. Ancaman Barang Pengganti
- · Dalam sebuah persaingan bisnis dikenal adanya strategi kompetitif yang bisa membuat sebuah perusahaan bisa lebih unggul dari pesaingnya.
Lima Dasar Strategi Kompetitif:
1. Strategi kepemimpinan dalam biaya
2. Strategi pembedaan
3. Strategi inovasi
4. Strategi pertumbuhan
5. Strategi aliansi
- · Value Chain (rantai nilai):
1. Melihat perusahaan sebagai rantai aktivitas dasar yang memberi nilai tambah produk dan jasa.
· Proses utama proses yg berkaitan langsung dengan manufaktur atau menghasilkan produk.
· Proses pendukung secara tidak langsung membantu perusahaan untuk menghasilkan produk dan jasa.
2. Menggunakan rantai nilai pada strategi kompetitif untuk mendapatkan nilai tambah yang terbaik.
- · Rantai Nilai
1. Proses pendukung: menciptakan infrastruktur internal untuk menyediakan dukungan bagi pekerjaan yang khusus dari aktivitas utama.
2. Manajemen dan Bantuan Layanan Administrasi: Peran Kunci dari SIS disini adalah dalam otomatisasi Sistem Perkantoran.
3. Manajemen Sumber Daya Manusia: peran SIS berupa Database Ketrampilan Karyawan.
- · Penempatan Posisi Strategis dari Teknologi Internet:
1. Biaya dan Peningkatan Efisiensi
2. Peningkatan Kinerja di dalam Efektivitas Bisnis
3. Penembusan Pasar Global.
4. Perubahan Bentuk Produk Dan Jasa.
- · Empat strategi pokok dalam persaingan:
1. Memperkaya Pelanggan.
2. Bekerja sama.
3. Mengorganisasikan.
4. Keseimbangan Orang dan Informasi.
- · 6 Karakteristik dalam Perusahaan Virtual:
1. Kemampuan beradaptasi
2. Oportunisme
3. Keunggulan
4. Teknologi
5. Tanpa Batas
6. Berdasarkan kepercayaan
·
Tidak ada komentar:
Posting Komentar